advertisement

Kabar Buruk Sekaligus Kabar Baik Pengguna Domain My.id

Daftar Isi
Kabar Buruk Sekaligus Kabar Baik Pengguna Domain My.id

Seperti yang kita ketahui, domain my.id merupakan domain yang cukup populer yang dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Produk lokal Indonesia sendiri. 

Selain domain my.id, turunan domain .id sebenarnya ada banyak. .co.id, web.id, biz.id, or.id, go.id, desa.id. bahkan domain desa.id merupakan domain yang bisa dipakai gratis bersyarat bagi masing-masing instansi desa di Indonesia. 

Bagi pengguna domain my.id dan web.id ada kabar yang mungkin menjadi kabar buruk. Namun bisa saja menjadi kabar baik. 

Kabar Buruk

Pihak PANDI pada tanggal 15 Maret 2024 mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa per bulan Juli 2024 domain my.id dan domain biz.id akan mengalami kenaikan harga perpanjangan yaitu sebesar Rp. 50.000 bagi my,id, dan Rp. 100.000 bagi domain web.id. 

Bagi pendaftar baru domain my.id akan mulai dikenai harga baru yaitu Rp. 50.000, sedangkan biz.id dikenai biaya Rp. 100.000 mulai bulan Januari 2025.

Domain yang sebelumnya bisa didapatkan dengan harga 20.000an kini harganya melambung. Hal tersebut, bagi sebagian pengguna merupakan kabar buruk. 

Dulu, domain my.id dan biz.id menjadi pilihan yang bagus bagi para blogger yang ingin mengembangkan websitenya dengan anggaran low bugdet. Namun, jika harganya melambung bahkan domain biz.id hampir setara dengan harga domain terkenal .com, maka pengguna biz.id bisa pikir 2 kali sebelum memutuskan melanjutkan dengan domainnya.


Kabar Baik

Namun, dibalik naiknya harga my.id dan biz.id. ternyata hal ini tidak sepenuhnya menjadi kabar buruk. Karena dulu, awal-awal domain ini juga mematok dengan kisaran harga 50.000an. Mungkin karena belum banyak yang berminat akhirnya harganya diturunkan. 

Sayangnya, ketika harga domain turun, banyak pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat website-website spam yang dibuat hanya untuk percobaan-percobaan atau bahkan untuk konten-konten yang melanggar. Sehingga pengguna internet banyak yang meragukan website yang memiliki domain .my.id atau biz.id. 

Maka dari itu, diharapkan dengan naiknya harga my.id dan biz.id citra domain ini bisa pulih dan tidak dikesampingkan oleh para pengguna internet. Dengan begitu website-website yang menggunakan domain my.id dan biz.id tidak lagi khawatir bersaing di mesin pencari dan bisa menempati page one google. 

Karena beberapa website yang menggunakan domain my.id sejak tahun 2019an atau saat harga belum turun, mereka tidak mengalami masalah seperti pengguna domain yang sekarang (saat harga turun). Mereka mengklaim bahwa peta situs mereka tidak mengalami masalah kegagalan / “Tidak dapat mengambil peta Situs” dan juga masalah lain yang pernah saya bahas di lain judul. 

Maka, dengan harga my.id yang naik ini harapannya bisa pulih kembali seperti dahulu. 


Saran Bagi Pengguna Domain My.Id dan Biz.Id

Saran bagi pengguna domain ini jika kamu merasa yakin menggunakan domain ini apalagi sudah memilik banyak artikel yang terindeks + sudah memiliki trafik yang bersumber dari mesin pencari, maka perpanjang sekarang sebelum masuk ke bulan Juli 2024. Agar biaya yang dikenakan belum harga yang baru.

Namun, bagaimanapun itu keputusan ada pada pangguna masing-masing. Jika kamu merasa memang perlu mengganti domain tidak masalah. Juga, soal penyegaran citra domain juga bukan proses yang singkat. Mungkin perlu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun lagi citra domain ini bisa kembali lagi seperti dahulu. 

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Salam olahraga blogger

2 komentar

Comment Author Avatar
Anonim
13 Mei 2024 pukul 21.52 Hapus
Wah, kalau aja dulu tahu ada domain my.id pas awal-awal rilis. Saya bakal cekout tuh
Comment Author Avatar
13 Mei 2024 pukul 23.34 Hapus
Benar mas. Yang beli domain ini pas awal2 rilis beruntung
advertisement