Cara Mudah Membuat Profil Blogger Custom dengan HTML Sesuka Hati

Daftar Isi
Cara Mudah Membuat Profil Blogger Custom dengan HTML

Memiliki tampilan yang unik dan menarik adalah suatu keharusan. Salah satu cara terbaik untuk mempersonalisasi blog kamu adalah dengan membuat profil blogger custom. Profil ini tidak hanya mencerminkan identitas website dan penulisnya, tetapi juga menambah kesan profesional dan estetis yang dapat menarik perhatian pembaca. 

Meski platform Blogger sudah menyediakan fitur profil penulis secara default, namun ada kalanya kita ingin membuat tampilan yang berbeda dan sesuai dengan gaya blog kita. Benar bukan ? 

Di sinilah HTML dapat sangat berguna. 

Namun bagaimana dengan yang belum paham HTML ?

Tidak masalah. Semua bisa membuat profil custom HTML dengan sangat musah. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana dan praktis untuk membuat profil blogger custom dengan HTML. Tidak perlu menjadi ahli dalam pemrograman untuk mengikuti tutorial ini. Bahkan pemula sekalipun akan bisa membuatnya. 

Bagaimana caranya ?

Cara Mudah Membuat Profil Blogger Custom Sesuka Hati dengan HTML 

Oke gass. Kita bahas, kupas, dengan tuntas. 

1. Persiapkan Bahan

Hal  yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersipakan bahan yang akan kamu cantumkan di profil blogger. Seperti logo website, deskripsi singkat, dan email.  

2. Buat postingan Baru

Sekarang buka blogger.com lalu buat halaman postingan baru. Sekarang masukkan semua bahan di sini. Logo, deskripsi singkat dibawah logo, dan beri link email. 

Buat postingan Baru Cara Buat Profil Blogger


3. Ubah Jadi HTML

Jika sudah selesai, klik logo pensil. Ubah dari “Tampilan Menulis” menjadi “Tampilan HTML”. Salin semua kode html. 

Ubah Jadi HTML


4. Tempelkan Kode

Buka “Tata Letak” lalu pilih tempat yang ingin kamu berikan profil atau “Tambahkan Gadget”, pilih “HTML/Javascript” tempelkan kode tadi disitu. Simpan.

Tempelkan Kode Cara Mudah Membuat Profil Blogger

Dengan begitu widget tersebut akan menampilkan gambar profil seperti yang ada di postingan.

Manfaat Memasang Profil

Memang memasang profil di sebuah website sangatlah penting. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memasang profil di website kamu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama memasang profil di website blogger:

1. Membangun Kepercayaan 

Profil yang jelas dan informatif membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata pembaca. Ketika pembaca mengetahui siapa penulis di balik konten yang mereka baca, mereka cenderung merasa lebih percaya dan lebih terhubung. Informasi seperti latar belakang, keahlian, dan pengalaman penulis memberikan gambaran bahwa konten yang disajikan didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang baik.

2. Keterlibatan Pembaca

Dengan mengetahui lebih banyak informasi tentang penulis, pembaca akan merasa lebih dekat dengan penulis dan akan termotivasi untuk berinteraksi melalui komentar atau berbagi konten tersebut. Bahkan, desain profil yang menarik juga dapat mendorong pembaca untuk kembali mengunjungi blog dan mengikuti penulis di platform media sosialnya.

3. Memudahkan Kontak

Memasang profil yang mencakup informasi kontak atau link ke akun media sosial memudahkan pembaca untuk menghubungi penulis. Hal ini penting untuk membangun jaringan, menerima feedback, atau bahkan peluang kolaborasi dengan penulis atau perusahaan lain.

4. Memperkuat Brand 

Blogger seringkali ingin membangun brand personal yang kuat. Profil yang profesional dan konsisten dengan identitas brand dapat memperkuat citra dan reputasi penulis. Elemen seperti foto, biodata singkat, dan link ke karya-karya lain dapat membantu membangun brand yang kohesif dan mudah dikenali.

Kesimpulan

Memasang profil di website blogger bukan hanya menambahkan informasi tentang sebuah website ataupun penulis sendiri, tetapi juga tentang membangun kepercayaan, keterlibatan, dan kredibilitas sebuah website. Profil yang baik dapat membantu memperkuat brand personal, dan membuka peluang untuk monetisasi serta kolaborasi. Dengan demikian, setiap blogger disarankan untuk meluangkan waktu membuat dan memperbarui profil mereka agar dapat memaksimalkan manfaat yang ada.

Posting Komentar