advertisement

Cara Melindungi Blog dari Pencurian Konten Artikel di Blogger

Daftar Isi
Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog di Blogger

Membangun blog yang berkualitas membutuhkan waktu, usaha, dan kreativitas. Sebagai seorang blogger, kamu pasti telah menghabiskan banyak jam untuk menulis artikel yang menarik dan informatif, menyempurnakan setiap detail untuk memastikan konten yang kamu buat bermanfaat bagi pembaca. 

Namun, apa yang terjadi jika karya hasil kerja keras kamu dicuri oleh orang lain dan diterbitkan di situs lain tanpa izin?

Kamu pastinya akan sangat jengkel. Apalagi jika konten tersebut diakuisisi kalau itu merupakan karyanya sendiri. 

Maka dari itu, meningkatkan keamanan konten di dunia digital menjadi semakin penting. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan akses informasi yang semakin mudah orang-orang yang berniat tidak baik akan mudah melihat celah para konten kreator. 

Bagi para blogger, menciptakan dan berbagi konten orisinal adalah inti dari keberhasilan mereka. Namun, ancaman pencurian artikel blog bisa mengancam integritas dan usaha yang telah dicurahkan untuk menghasilkan konten berkualitas. 

Pada artikel ini kami akan membahas beberapa cara efektif untuk mencegah pencurian artikel blog di platform Blogger, sehingga kamu bisa melindungi konten dan memastikan bahwa setiap tulisan tetap menjadi milik kamu sepenuhnya. 

Cara Melindungi Blog dari Pencurian Konten Artikel di Blogger

Mari kita simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk kamu terapkan demi menjaga keaslian dan hak cipta konten kamu di dunia maya.

1. Ubah gambar jadi WebP

Saat ini dunia website telah merekomendasikan pemilik website untuk menampilkan gambar dalam format WebP karena kapasitas yang diberikan sangat ringan. Dibanding dengan ukuran png atau jpeg, webp bisa 10 kali lipat lebih ringan dengan kualitas gambar yang tidak kalah dengan format png,  atau jpeg. 

Lalu, beberapa waktu kemarin, saya menemukan artikel website yang menyatakan bahwa format gambar WepP akan lebih tahan terhadap autoblog dan AGC (atau biasa kita sebut sebagai copy paste artikel otomatis), dibandingkan dengan format gambar jpeg dan png.

Jika kamu mencoba mencopy semua isi website yang gambarnya berformat png atau jpg dengan cara CTRL+A lalu kamu copy dan tempelkan di word, maka otomatis gambar akan ikut tersalin. Namun, jia gambar di website kamu berformat webp, hal ini tidak akan bisa kamu lakukan. Itu alasan pertama mengapa kamu harus pakai format gambar webP.

Sekarang alasan yang kedua. Jika kamu pernah menganalisis halaman situs web menggunakan alat kecepatan halaman Google seperti alat PageSpeed Insights, saya yakin dihasil yang tertera pasdi alat tersebut akan merekomendasikan untuk menyajikan gambar dalam format WebP. Hal ini akan mempengaruhi nilai PageSpeed google.

Nah, Lalu bagaimana jika semua gambar sudah terlanjur saya Upload dengan format gambar png, atau Jpg ?

Tenang. Di Blogspot/blogger kamu bisa mengubah format gambar website menjadi WebP, baik yang sudah terunggah maupun yang belum dengan cara yang mudah. 

  • Masuk setelan – scroll ke bawah pada menu Postingan temukan menu Penyajian Gambar WebP
  • Aktifkan dan Selesai

Ubah gambar jadi WebP

Dengan mengaktifkan tombol tersebut. Otomatis semua gambar yang ditampilkan di website kamu akan berubah menjadi webp. 

1 langkah telah berhasil kamu selesaikan untuk mengamankan website kamu. 

2. Buat RSS jadi pendek

Sekarang langkah kedua. Yaitu persingkat umpan RSS blog kamu. 

RSS Feed merupakan sebuah file xml yang digunakan untuk memfasilitasi para pengguna internet dalam memperoleh informasi yang terdapat dalam suatu blog dengan mudah tanpa harus mengunjungi blog-blog yang bersangkutan satu persatu. 

Mereka akan mendapatkan infromasi-infromasi terbaru dengan sangat mudah dari sebuat blog yang telah diikuti dengan menggunakan RSS feed yang telah disediakan di blog tersebut.

Namun, kemudahan ini justru banyak disalahgunakan para penjahat internet untuk mencuri konten artikel lalu dibuat untuk kontennya sendiri, bahkan terkadang diakuisisi. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari konten kamu diduplikasi orang lain adalah dengan cara memperpendek RSS feed. 

Dengan memperpendek RSS feed, website kita akan menjadi lebih aman dari risiko pensurian artikel.

cara ini terbukti sangat efektif karena blog yang menerapkan metode tersebut  akan segera meninggalkan blog kamu dan mencari blog lain untuk dijadikan target bagi blog yang tidak mempersingkat umpan Rss akan menjadi target utama mereka. 

Dengan memperpendek Feed, sekalipun jika masih ada yang tetap mencuri artikel kita, maka setidaknya konten yang disalin oleh mereka tidak artikel yang yang secara penuh.

Berikut ini cara memperpendek RSS Feed.

  1. Pertama login ke blogger
  2. Pada dashboard blogger klik menu Setelan 
  3. Setelah berada di bagian pengaturan setelan > Scroll ke bawah dan cari bagian Feed situs
  4. Selanjutnya pada keterangan "Izinkan feed blog" pilih pendek.

Buat RSS jadi pendek


3. Aktifkan Fitur Anti Copas

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan kode anti copy paste pada website kamu. 

Sebelum memasang fitur anti copas ini, kamu perlu mempertimbangkannya. Karena walaupun website kamu aman dari copas. Sebagian pengunjung pasti akan ada yang merasa tidak nyaman dengan hal ini. 

Terlebih bagi mereka yang awam dengan blogger, mereka menganggap website yang sedang mereka kunjungi mengalami masalah. Alih-alih melanjutkan selancar di website kamu, justru bisa-bisa mereka hengkang dan mencari website lain yang lebih mendukung aktifitas mereka. 

Namun, apapun itu, keputusan ada di tangan kalian. Jika kamu tetap ingin memasang fitur anti copas kamu bisa ikuti cara berikut. 

Note : jika kamu pengguna template sugeng.id kamu bisa membuat fitur anti copas ini hanya dengan satu sentuhan di sini https://sugeng.id/tools/anti-copypaste.html

Jika kamu tidak pengguna tema sugeng.id ikuti cara berikut :

  • Masuk ke menu Tema Edit HTML
  • Cari kode <body> atau kode <body 
  • Ganti kode “<body>”  tersebut dengan kode dibawah ini :

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' ondragstart='return false' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

  • Klik simpan

Sekarang blog kamu tidak akan bisa di klik kanan ataupun di copy paste. Dengan begitu para “pengcopas” artikel akan putar balik dari website kamu dan tidak jadi copas. Dan doakan semoga mereka segera insaf. 

Namun, jika mereka membandel dan masih membobol pertahan website kita, walau sudah menggunakan perlindungan berlapis. Cara yang paling akhir adalah point 4. 

4. Melaporkan Website Hasil Copas Ke Google

Salah satu website yang saya kunjungi menyatakan tindakan melaporkan ke google ini menjadi jalan ninja yang paling jitu. Karena google tidak main-main dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. 

Blog yang memiliki konten pelanggaran akan disikat, dilenyapkan dari dunia maya, termasuk blog yang isinya copas 100%. 

Bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana cara melaporkannya, berikut ini kami sajikan caranya, silahkan ikuti. Semoga bermanfaat:

  • Pertama yang harus kamu lakukan yaitu masuk ke blogger.com/report,
  • Setelah itu klik tombol laporkan konten,
  • Selanjutnya masuk ke halaman pelaporan dan isi form laporan pelanggaran komunitas,
  • Terakhir klik tombol laporkan.
  • selesai

Penutup

Menjaga keaslian dan hak cipta konten di dunia maya memang menjadi tantangan tersendiri, terutama di era digital saat ini. Namun, dengan beberapa langkah sederhana diatas, kamu bisa melindungi karya kamu dari tangan-tangan jahil yang ingin mencuri konten. 

Yaitu: pertama, mengubah format gambar di website kamu menjadi WebP. Kedua, persingkat umpan RSS blog kamu. Ketiga, aktifkan fitur anti copas di website kamu. terakhir, jika masih saja menemukan konten kamu diplagiasi oleh orang lain dan plagiasinya 100%, sama plek. Kamu bisa laporkan kepada pihak blogger. 

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu dapat menjaga konten kamu tetap aman dan orisinal. 

Memang tidak ada cara yang benar-benar sempurna untuk melindungi karya di dunia maya, tetapi dengan upaya yang konsisten, setidaknya kamu bisa meminimalkan risiko pencurian konten. Teruslah berinovasi dan jangan ragu untuk mencari solusi baru demi menjaga keaslian dan hak cipta karya kamu. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan membantu kamu dalam melindungi konten di website kamu. Selamat mencoba!

Posting Komentar

advertisement