Ngeblog Mudah dengan Aplikasi Blogger di Android

Daftar Isi
Ngeblog Mudah dengan Aplikasi Blogger di Android

Kegiatan ngeblog menjadi salah satu torbosan bagi para penulis untuk bisa konsisten menulis tanpa harus menunggu tulisannya di approve media lain. Tinggan nulis dan kirim, kalau ada yang ndilalah mampir ke blog kita dan tertarik untuk membaca lalu akhirnya blog kita menjadi ramai, kita sebagai blogger akan memiliki kepuasan tersendiri. Ntah itu blog yang berpenghasilan atau tidak, tapi kalau memiliki viewer yang banyak pasti akan begitu gembira. 

Dalam era digital yang terus saja berkembang dan semakin pesat, seorang blogger tidak lagi terbatas pada mereka yang memiliki akses ke perangkat keras mahal atau software khusus. Nggak perlu duduk manis dan membuka laptop atau komputer. Bahkan dengan hanya menggunakan perangkat smartphone sederhana, seseorang dapat memulai perjalanan mereka dalam dunia blogging dengan mudah dan efektif. Di mana hampir setiap orang memiliki smartphone, maka ngeblog menjadi kegiatan yang semakin mudah.

Dulu, untuk menjadi seorang blogger, seseorang harus memiliki laptop atau komputer desktop, serta akses internet yang stabil. Namun, saat ini, dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, perangkat smartphone telah menjadi alat yang sangat mumpuni untuk mengekspresikan ide-ide kamu dan berbagi cerita kepada warga dunia maya. Dengan aplikasi yang tepat dan kreativitas yang tak terbatas, siapa pun dapat menjadi seorang blogger yang sukses dengan hanya menggunakan smartphone mereka.

Salah satu keuntungan utama menggunakan smartphone untuk ngeblog adalah kemudahan aksesibilitasnya. Kamu nggak perlu duduk termenung di depan komputer untuk menulis dan mempublikasikan konten baru. Dengan perangkat yang selalu berada di saku  kamu, kamu  bisa menulis di mana pun dan kapan pun inspirasi datang. Baik itu di perjalanan pulang dari tempat kerja, di warung favorit  kamu, nunggu antrian, dan lain sebagainya, asal jangan saat duduk ditoilet. Bahaya. 

Tidak hanya itu, kehadiran aplikasi blogging yang dioptimalkan untuk perangkat smartphone membuat proses membuat dan mengelola blog menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Dengan hanya beberapa ketukan jari,  kamu  bisa membuat posting konten baru, mengatur kategori dan tag, serta berinteraksi dengan pembaca melalui komentar. Semua ini dilakukan tanpa harus mengorbankan kualitas atau fungsionalitas.

Jadi, jika  kamu  memiliki cerita untuk diceritakan, pengetahuan untuk dibagikan, atau passion untuk diekspresikan, jangan biarkan keterbatasan akses menghalangi  kamu berkarya. Ambil smartphone Android  kamu!, instal aplikasi yang tepat!, dan mulailah perjalanan  kamu  sebagai seorang blogger!. lest go

Ngeblog Mudah dengan Aplikasi Blogger di Android

Kali ini kami akan sharing pengalaman penggunaan aplikasi blogger android versi 3.1.8.

Blogger sendiri sebenarnya saat ini bisa diakses melalui perangkat apapun dengan tampilan yang Mobile Friendly. Berbeda dengan blogger tahun 2010an yang lalu blogger.com hanya mendukung tampilan dekstop. Sehingga jika kita ingin mengakses blogger.com melalui android maka tampilan menunya sangat kecil dan harus njelimet. Sekarang sudah tidak perlu lagi. 

Bahkan, blogger mengembangkan aplikasi blogger untuk smartphone semakin bagus dari yang sebelum-sebelumnya. Jika kamu ingin fokus memperbanyak tulisan di blogger kamu hanya perlu masuk aplikasinya dan mulai menulis. Hanya saja aplikasi blogger masih lebih minim menunya dari pada langsung dari websitenya blogger.com.

1. Tampilan Awal

Berikut ini tampilan halaman depan jika kamu sudah login menggunakan akun gmail yang kamu pakai untuk ngeblog.

Akan terlihat Menu “Dipublikasikan”, “Draf”, “Terjadwal”


2. Menu Pada Halaman Postingan

Menu pada halaman postingan aplikasi blogger tidak sebanyak di websitenya. Hanya menyediakan upload gambar, Bold, Italic, Underline, dan menautkan link saja. Namun, untuk kamu yang ingin fokus menulis saja tool ini sudah cukup. Karena kalau kebanyakan tool jadinya malah waktunya kebuang-buang ngedit tampilan supaya lebih ciamik, namun nulisnya ketunda. Kan repot.   


3. Bisa Upload Terjadwal

Kamu bisa menjadwalkan postingan blog sesuai tanggal dan jam yang kamu tentukan. Dan tentunya saat pada waktu upload yang telah ditentukan kamu nggak usah repot-repot menghubungkan ke internet atau buka blognya. Otomatis akan keupload sendiri. 

Cara menjadwalkan postingan yaitu “nonaktifkan tombol Publikasikan Sekarang” – lalu pilih waktu upload postingan kamu.


4. Banyak Akun Blog

Yang selanjutnya kamu bisa mengakses banyak akun blogger dengan email yang telah tertaut pada perangkatmu. 

Jika kamu memiliki lebih dari satu blog di satu email juga bisa kamu akses melalui satu aplikasi saja. Ngak usah repot-repot. 

5. Share Link Mudah

Setelah artikel kamu posting kamu bisa share link dengan mudah. Hanya klik tombol share dan siap dikirimkan ke media sosial yang kamu punya.


Penutup 

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, blogger sekarang semakin ditingkatkan kualitasnya oleh google. Para pengguna blogger semakin diberikan kemudahan aksesnya. 

Dengan fitur-fitur yang terus diperbarui dan ditambahkan maka tidak menutup kemungkinan blogger bisa melebihi kualitas pesaingnya, wordpress. 

Blogger juga memberikan ruang bagi kreativitas tanpa batas bagi para kreator. Blogger memungkinkan setiap individu untuk mengekspresikan diri mereka dengan kemudahan. Dengan demikian, yang utama saat ini bagi seorang blogger adalah mengkonsistenkan dalam menulis konten-konten yang segar dan relavan dengan zamannya. Sehingga pihak google akan senantiasa meningkatkan kualitas fitur bloggernya. 

Selamat ngeblog.

2 komentar

Comment Author Avatar
7 Mei 2024 pukul 21.48 Hapus
seperti-nya lebih enak ngeblog-nya di aplikasi browser google chrome bang. saya pribadi di chrome. kalau di aplikasi tidak bisa edit html.
Comment Author Avatar
8 Mei 2024 pukul 01.11 Hapus
benar mas. kalau soal customisasi tampilan harus pakai yang versi website. tapi kalau ngeblognya mengedepankan jumlah konten, apalagi kontennya berupa diary, aplikasi blogger sangat cocok. Nulisnya bisa sewaktu-waktu