Cara Agar Postingan Blogger SEO 100% Saat di Cek di Pagespeed Insights

Apakah kamu ingin mengoptimalkan halaman postingan kamu agar skor SEO di Pagespeed Insights  menjadi 100 % ?

Jika benar, kamu berada di postingan yang tepat. 

Cara Agar Postingan Blogger SEO 100% Saat di Cek di Pagespeed Insights

Dalam dunia blogging yang semakin kompetitif, optimasi mesin telusur (SEO) telah menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing sebuah blog. Salah satu alat yang sangat penting untuk mengukur kinerja SEO sebuah situs web adalah Google Pagespeed Insights. Dengan skor yang dihasilkan oleh Pagespeed Insights, kamu bisa menilai berapa baik dan bagaimana performa situs web kamu pada mesin telusur.

Namun, walaupun Pagespeed Insights menilai skor website kamu, jangan terlalu bergantung dan terpaku dengan skor yang dihasilkan. Karena menurut pendapat beberapa ahli blog, tidak semua website yang baik memiliki skor bagus di Pagespeed Insights. Beberapa website dengan desain dan yang burukpun.

Gunakan Pagespeed Insights untuk sekedar mengoptimalkan kualitas SEO dari website kamu, performa kecepatan loadingnya, serta mengecek apakah ada eror pada website kamu. Itu yang paling utama. Agar Google dapat mengenali website kamu lebih cepat. 

Nah, salah salah satu permasalahan yang seing dihadapi para blogger adalah masalah skor SEO pada postingan artikel blogger yang menguning. Atau bahkan ada yang merah merona. 

Apa penyebabnya ? 

Sesuai pengalaman  saya penyebabnya kurang lebih ada 4. 

1. Template Blogger Tidak SEO

Template blogger yang sejak awal tidak mengoptimalkan SEO dalam proses pembuatannya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Google sering menolak website untuk tampil di page one mesin telusur. 

2. Tag Meta Deskripsi blogger Belum Diisi

Deskripsi blog yang tidak diisi akan membuat skor Pagespeed Insights rendah. Padahal deskripsi blog sangat penting untuk memaksimalkan pencarian kata kunci di mesin pencari.

3. Tidak Mengaktifkan Tag Meta Desksipsi 

Sebagian blogger percaya menambahkan deskripsi pada postingan akan membuat postingan blogger lebih cepat diindex google karena memasukkan banyak kata kunci. 

4. Tidak Ada Text Alt Pada Gambar 

Memberikan text Alt pada semua gambar postingan akan menambah potensi di deteksinya kata kunci yang ada pada postingan blog kamu. Hal ini bisa bermanfaat bagi jangka waktu blog kamu terindex.

Apakah blogmu sudah menerapkan ke 4 hal tersebut ? kalau belum simak pembahasan pada artikel ini hingga tuntas. Lest go... 

Cara Agar Postingan Blogger SEO 100% Saat di Cek di Pagespeed Insights

Berikut ini kami sajikan beberapa Cara Agar Postingan Blogger SEO 100% Saat di Cek di Pagespeed Insights

1. Pilih Template yang SEO 

Keuntungan memilih template yang SEO antara lain struktur kode yang bersih dan ringan, tata letak yang responsif, dan kecepatan muat yang optimal. Template yang dirancang dengan baik akan memungkinkan mesin pencari mengindeks konten dengan lebih efisien, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Selain itu, template SEO-friendly cenderung mengikuti praktik terbaik dalam hal optimasi SEO seperti penggunaan tag heading yang tepat, URL yang bersih, dan metadata yang relevan. Semua ini membantu meningkatkan kredibilitas dan otoritas website di mata mesin pencari.

Di artikel yang lain, saya merekomendasikan beberapa template bagus yang SEO, Fast Loading super ngebut, dan tentu saja responsif di semua perangkat.

2. Tambahkan Deskripsi blogger

Cara menambahkan deskripsi blog yaitu masuk ke Setelan – cari menu “Tag Meta” – aktifkan deskripsi penelusuran – lalu isi kolom Deskripsi penelusuran. Maksimal 150 kata. 

Penting : Masukkan point pembahasan yang mendeskripsikan secara jelas tentang blog kamu pada kolom Deskripsi.  

mengaktifkan tag meta deskripsi blogger untuk mengoptimalkan seo

Deskripsi blogger memungkinkan pembaca untuk mengenal lebih dekat tentang blog. Dengan menyertakan informasi tentang latar belakang, minat, dan tujuan dalam menulis blog, pembaca dapat memahami gambaran isi blog yang amu kelola. 

Deskripsi yang baik juga dapat menunjukkan keahlian dan pengalaman penulis dalam topik tertentu, memberikan pembaca keyakinan bahwa mereka mendapatkan wawasan dan saran yang berharga. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pembaca yang merasa sesuai dengan tema dalam konten yang kamu bagikan. 

3. Aktifkan Deskripsi Postingan

Setelah kamu mengaktifkan deskripsi pada point 2, kamu akan melihat kolom deskripsi pada setiap postingan. Jika tidak melihat kolom deskripsi artinya kamu belum mengaktifkan tombol “Tag Meta Deskripsi Penelursuran”. 

Masuk ke postingan artikel, scrool ke bawah, pada sidebar blog di bawah menu lokasi ada menu “Deskripsi Penelusuran”. Isi dengan deskripsi blog yang menarik sepanjang 150 kata. Karena nantinya deskripsi ini akan muncul di halaman penelusuran mesin pencari. 

menambahkan tag meta deskripsi blogger untuk mengoptimalkan seo


4. Tambahkan Text Alt pada Gambar Postingan

Cara menambahkan text ALT pada postingan blog adalah : masuk ke postingan artikel kamu – Klik gambar yang akan kamu beri text alt – isi kolomnya, jangan lupa judul gambarnya juga isi – klik “Perbarui”. 

menambahkan text alt pada gambar blogger

Lalu apa sih text Alt itu ?

Text ALT (Alternative Text) adalah deskripsi singkat yang diberikan kepada gambar di dalam suatu postingan. Meskipun menambahkan txt alt menjadi hal yang rumit, njelimet, namun penggunaan Text ALT memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas dan optimasi artikel blog kamu pada mesin pencari.

Text ALT memiliki dampak positif pada SEO. Mesin pencari akan menggunakan informasi dari Text ALT untuk memahami konten gambar. Gambar itu gambar apa?, bantuknya seperti apa?, dll. Yang nantinya dapat meningkatkan peringkat suatu halaman web dalam hasil pencarian. Dengan memberikan deskripsi yang relevan dan mendalam, kamu dapat meningkatkan kemungkinan gambar kamu muncul dalam hasil pencarian gambar.

Penutup

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, kamu bisa meningkatkan skor SEO postingan blogger kamu di Pagespeed Insights (bahkan menjadi 100% SEO), meningkatkan visibilitas dan daya saing blog kamu dalam dunia online yang semakin padat.

Selamat ngeblog

Belajars.com
Belajars.com Belajar itu kewajiban, bahkan sejak turun dari kandungan sampai beruban

Posting Komentar untuk "Cara Agar Postingan Blogger SEO 100% Saat di Cek di Pagespeed Insights"