advertisement

Tips Memilih Buku yang Cocok Sebelum Kamu Membelinya

Daftar Isi


Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital ini, buku tetap merupakan sumber pengetahuan dan hiburan yang tak ternilai. Namun, dengan begitu banyaknya pilihan yang tersedia, penting bagi kita untuk memilih buku yang tepat. 

Pemilihan buku yang tepat memungkinkan kita untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang topik yang diminati. Misalnya, jika Anda tertarik pada sejarah, memilih buku yang ditulis oleh sejarawan terkemuka akan memberikan wawasan yang lebih kaya dan akurat daripada sekadar membaca ringkasan online. Dengan memilih buku yang tepat, Anda juga dapat memperluas pengetahuan Anda dengan cara yang terstruktur dan komprehensif. 

Buku yang tepat memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan memotivasi kita. Apakah itu buku motivasi, biografi inspiratif, atau fiksi yang menghanyutkan, buku-buku ini dapat membangkitkan semangat dan membantu kita melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Pemilihan buku yang tepat sesuai dengan minat dan kebutuhan kita dapat menjadi sumber inspirasi yang tak ternilai, membantu kita tumbuh dan berkembang sebagai individu.

Nah, berikut ini kami berikan tips memilih buku sebelum membelinya. Yuk langsung simak.

Tips Memilih Buku Berkualitas yang Cocok Untuk Kamu Sebelum Membelinya


1. Tentukan Genre 

Diantara sekian banyak buku hal yang pertama kamu pikirkan sebelum mencari buku adalah menentukan pilihan genre buku yang ingin kamu beli.

Pikirkan topik atau genre buku yang paling menarik bagi kamu. Apakah kamu suka fiksi, nonfiksi, sejarah, fiksi ilmiah, atau mungkin buku motivasi? Mengetahui minat akan membantu mengerucutkan pilihanmu dan akan lebih mudah memilah dan memilih buku yang cocok.


2. Pahami Judul Buku

Judul buku yang menarik dan relevan dapat memberikan gambaran tentang isi buku dan membantu kita membuat keputusan apakah buku tersebut sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. 

Dengan memahami judul buku kita bisa memperhatikan genre buku, melihat kreatifitas penulis, kesesuaian judul dengan genre dan sinopsis yang diberikan penulis. 

Biasanya buku-buku ringan akan membubuhkan judul buku dengan keunikan tersendiri. Perhatikan keunikan judulnya, jika judul buku yang diberikan usik dan sesuai dengan sinopsis yang ada, maka bukj itu cocok masuk di playlist kamu.


3. Baca Sinopsis dan Ulasan

Jika kamu sudah mempunyai beberapa pilihan beberapa buku. Coba baca baca sinopsis dari tiap buku  masing-masing.  Selain baca sinopsis buku perlu juga membaca ulasan dari pembaca lain. Ini akan memberikanmu gambaran tentang isi buku dan apakah itu sesuai dengan minat dan preferensi kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari rekomendasi dari teman atau keluarga yang memiliki minat yang sama. Rekomendasi buku-buku dari teman atau orang lain yang kamu kenal akan lebih jelas dan lebih terpercaya. 


4. Periksa Penulisnya

Tidak kalah penting, kamu juga perlu mengetahui penulis buku terebut. Ketahui latar belakang penulis. Apakah mereka memiliki pengalaman atau keahlian di bidang yang mereka tulis? Penulis yang terkenal atau yang memiliki reputasi baik sering kali menjamin kualitas buku mereka.

Kamu bisa melihat profil lengkap penulis dengan mencarinya di internet. Dengan kamu mengetahui latar belakang penulis, kamu bisa bisa menerka arah pembahasan buku tersebut. 


5. Telaah Cover Buku

Ada quotes "jangan melihat covernya tapi lihatlah isinya". Ini tidak sepenuhnya benar. Karena isi buku bisa saja kita lihat dari cover. Cover mencerminkan keseriusan penerbit dalam menerbitkan buku. Penerbit akan berusaha menyelaariskan cover dengan isi agar calon pembeli buku bisa menerka isi dari buku tersebut.   

Maka, penting juga melihat desain cover buku, baik buruknya cover bisa saja mencerminkan isi buku tersebut. 


6. Dahulukan Kebutuhanmu

Terkadang tujuan kita membeli buku adalah karena suatu kebutuhan. Misal saja untuk pembuatan skripsi. Nah, maka jangan sampai ketika kamu mencari buku yang kamu tuju pertama gagal terbeli karena tergiur dengan buku lainnya yang lebih ringan dan cocok dengan kesukaanmu. Jangan sampai. 

Sesuaikan dengan tujuanmu dulu. Ketika kebutuhanmu terpenuhi baru mencari buku-buku lain yang kamu inginkan. 


7. Lihat Label Usia

Melihat batasa usia untuuk suatu jenis buku memang sangat diperlukan. Tingkat kerumitan pemahaman, isi, dan bahasa yang disajikan menjadi bagian yang perlu disesuaikan dengan usia. Usia anak-anak tidak cocok membaca buku novel percintaan, sedangkan buku cerita anak-anak juga akan membosankan bila dibaca untuk orang dewasa. Maka, jika membeli usahakan lihat label usia di belakang cover buku sebelah ISBN. 

Sebagian penerbit biasanya mencantumkan label usia terkadang juga ada yang tidak mencantumkan. Namun, jika mendapati penerbit yang tidak mencantumkan usia, maka coba terka melalui cover buku lalu kenali identitas yang diberikan penerbit pada buku tersebut. Jika pada cover terdapat banyak gambar ke-kanak-kanak-an maka buku itu untuk anak-anak, jika tidak ada maka buku itu untuk remaja atau dewasa. 

Kumpulan buku dengan label usia di belakang cover


8. Lihat Daftar Isi buku

Sebenarnya Ini tambahan saja, 7 langkah di awal sudah bisa menentukan pilihan buku kamu. Kalau terlalu pilah-pilih biasanya malah nggak jadi. Hehehe

Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mihat lebih spesifik lagi soal bukunya. Yaitu dengan mencari daftar isi buku. Beberapa toko buku online ada yang menyediakan foto gambar daftar isi buku sebelum membelinya. Terkadang daftar isi terebut berasal pembeli buku yang memberikan review buku yang baru saja dibelinya dari marektplace. 

Manfaatkan fitur ini untuk membaca beberapa halaman pertama dan melihat apakah gaya penulisan dan kontennya sesuai dengan preferensi Anda. Daftar isi akan menyibak alur tulisan penulis. 


9. Beli Bukunya

Nah, yang terakhir kalau sudah pilih-pilih buku, jangan sampai kamu nggak jadi beli karena mempunyai 2 atau 3 pilihan yang sama-sama bagus dan sesuai dengan keiningnanmu. 


Bonus nih, urusan membeli buku-buku bagus, saya memiliki rekomendasi penerbit yang cocok untuk kamu. simak dibawah ya.

1. Gramedia

Gramedia menjadi salah satu penerbit terbesar di Indonesia, Gramedia telah menghasilkan banyak buku terkenal dan beragam genre. Mereka memiliki koleksi yang luas, mulai dari fiksi, non-fiksi, sastra, buku anak-anak, self-help, motivasi, hingga buku-buku kuliner. gramedia juga memiliki aplikasi buku online juga. 

Karena gramedia membawahi berbagai penerbit maka banyak sekali buku-buku yang diterbitkan. Kamu bisa cek melalui Penerbit Gramedia Pustaka Utama , penerbit Kepustakaan Populer Gramedia , atau melalui penerbit  Kompas 

2. Bentang Pustaka 

Penerbit ini dikenal karena menerbitkan buku-buku berkualitas tinggi dengan tema-tema yang beragam. Mereka sering kali mendukung penulis lokal dan memberikan ruang bagi suara-suara baru dalam dunia sastra Indonesia. Kamu bisa cek buku-buku yang diterbitkan bentang pustaka di bentangpustaka.com

3. Buku Mojok 

Walaupun baru, namun penerbit mojok memiliki kualitas buku yang tidak main-main. Bagi anak-anak muda, mojok menjadi buku pilihan yang bagus. Mojok menerbitkan buku-buku ringan namun berbobot. Banyak genre yang disediakan. Agama, Psikologi, Politik, Romance, Gender dansebagainya. kamu bisa cek buku-buku terbitannya di bukumojok.com


Sebenarnya masih banyak juga penerbit lain yang bagus-bagus seperti penerbit Qaf, Global Press, dll. Kamu bisa cek sendiri penerbit-penerbit di Indonesia.   


Demikan tips memilih buku dan juga beberapa daftar penerbit buku yang cocok untuk kamu. dengan mengikuti tips ini, kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk menemukan buku yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda. Selamat membaca!

 


Posting Komentar

advertisement