advertisement

Cerita Ngeblog dan Hikmah Bertemu Blognya Mas Sugeng

Daftar Isi
Cerita Ngbelog dan Hikmah Bertemu Blognya Mas Sugeng


Sampai tulisan ini dibuat, sebenarnya sudah 4 tahun berlalu mas sugeng kembali menggunakan blogger lagi sebagai media menulis blognya. Cuma ya, saya anggap masih baru lah hehe. Karena sampai tulisan ini dibuat baru ada sekitar 10an tulisan yang nongol di blog barunya mas sugeng. 

Banyak yang sudah berubah dari pertama kalinya mas sugeng ngeblog hingga bertahun-tahun hingga sekarang. Mulai dari template yang dipakai di blognya atau alat tempur yang dipakai untuk membuat template dan lain-lain sebagainya. 

Dan disini saya hanya ingin sharing dan bercerita bagaimana saya bertemu blognya mas Sugeng dan perjalanan ngeblog saya. Gass...

Pertama Kali Ketemu Blog Mas Sugeng

Sekitar tahun 2018, saya yang masih duduk di kelas 3 aliyah mulai kenal dengan blog. Saya mencoba menggali informasi lebih dalam tentang dunia blogging. Banyak refrensi yang saya ambil waktu itu, namun website yang saya jadikan andalan rujukan utama untuk cari artikel-artikel tentang blog adalah blognya mas Sugeng = sugeng.id. 

Banyak sekali artikel SEO yang bisa didapatkan di blognya mas sugeng ini.  Mulai dari cerita-ceritanya wawancara dengan blogger2 ternama yang lain, artikel SEO, artikel panduan lengkap ngeblog yang isi dan komentar-komentarnya puuuanjang banget. Bisa-bisa kalau kamu gulir ke bawah pakai tombol down bisa sampai baterai hp yang tadinya full sampai habis belum sampai juga. 

Sampai artikel ini ditulis kamu masih bisa melihat artikel-artikel mas sugeng yang puanjang-puangjang di sugeng.id coba saja cari di google dengan kata kunci “site:sugeng.id”.

Banyak artikel yang menginspirasi. Salah satunya adalah postingan “Tutorial Blogger untuk Pemula”   coba saja lihat panjang artikel dan komenannya. 

Mulai Ngeblog pertama kali

Memulai sesuatu segangampng buat blog itu sebenarnya nggak berat-berat amat, yang berat adalah ngelanjutinnya. 

Hal yang paling berat bagi seorang blogger pemula adalah melawan rasa malas menulis konten. Jangankan nulis konten puanjang seperti Mas Sugeng, bahkan hanya sekedar nulis catatan saja beratnya luar biasa.

Blog pertama kali yang saya urus adalah blog organisasi ipnui ppnu desa tulakan5. Saat mulai negblog, saya jadi belajar banyak tentang blogger. Mulai dari ngedesain blog dengan pernak-pernik yang saya kira mampu untuk sebuah template gratisan. Belajar koding, belajar teknik SEO, belajar cara membuat judul blog yang bagus, belajar apa saja yang ada hubungannya dengan blog. saya kita gampang. Nyatanya nggak segampang membuka tutup botol. 

Perjalanan ngeblog saya berlanjut ke jenjang kuliah. Saya masih konsisten dengan memgang kendali website ipnuippnutulakan5, yang saat itu sudah monetisasi. 

Keajaiban 

Jika kalian tahu, proses monetisasi itu sebenarnya susah banget. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan google untuk blog kita bisa diterima sebagai penampil iklan dari orang lain. Mulai dari ngisi konten yang banyak, berkualitas, umur blog sudah tua dewasa, dan (katanya orang-orang) nggak boleh blog gado-gado. Alias konten yang dibawakan dengan campur sari, bukan lagu. 

Nyatanya. Hal ini tidak berlaku bagi blog yang saya kelola. Blog itu saya daftarkan hanya berbekal keimanan dan sedikit perjuangan. Nyatanya, nggak lama oleh google di approved oleh google. Sungguh keajaiban. Saya yakin bahwa ini karena pembuatan blog tersebut didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan .....

Hikmahnya, walaupun urusan duniawi, nyatanya jika kita pergunakan untuk orang lain ataupun untuk sebuah media perjuangan maka urusan duniawi tersebut bisa menjadi satu jalan keberkahan. 

Hijrah ke Software Open Source 

Karena ngeblog, saya harus banyak belajar salah satunya belajar membuat thumbnile yang cocok untuk suatu postingan. Maka dari itu saya pakai software corel draw saat itu untuk membuat gambar-gambar estetik. 

Seringing berjalannya waktu, saya menemukan artikel mas Sugeng yang berjudul “Senjata Ngeblog Mas Sugeng”. (Kamu masih bisa mencarinya juga di google). 

Di sana saya menemukan software editing andalan mas Sugeng yang ternyata menggunakan inkscape. Apa itu inkscape?. Saya penasaran dan akhirnya cari-cari dan instal. 

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat Perangkat lunak bebas atau Open Source yang rilis perdana pada tanggal 2 November 2003. Dengan bantuan Gaussian blur sejak versi 0.45 telah mampu menghasilkan gambar SVG yang mutunya hampir sama dengan foto. 

Karena melihat hasil karya orang orang menggunakan inkscape yang bagus-bagus. Akhirnya sejak saat itu saya hengkang dari corel dan memilih inkscape sebagai software editing saya. 

Saya sempat kagok untuk masa pertama penggunaan inkscape dari software yang sebelumnya bajakan itu. Dengan sedikit paksaan akhirnya saya terbiasa juga menggunakan software dengan lisensi terbuka ini. 

Nah, bagi teman-teman yang belum pernah ngedit pakai inkcape, coba deh sesekali instal lalu lihat tampilannya dan gunakan. Saya rasa nggak jauh-jauh amat dengan software kece lainnya. Kamu juga bisa coba tutorial ini “Kumpulan tutorial inkscape”. 

Sampai di sini saya mulai mendapatkan feelnya seorang blogger. Karena ngonten nulis namun menggunakan gambar orang lain masih terasa kurang afdol. Kalau membuat gambar sendiri kan ada efortnya tersendiri.

Penutup 

Banyak yang saya dapatkan ketika ngeblog. Terutama sejak bertemu dengan blognya mas Sugeng yang beralamat Sugeng.id. Dan sekarang blognya mas sugeng tambah lagi  yaitu sugengblog.com. 


Posting Komentar

advertisement