advertisement

Cara Screenshot atau Tangkap Layar di Laptop dengan Mudah

Daftar Isi
Cara Screenshot atau Tangkap Layar di Laptop dengan Mudah


Siapa di antara kamu yang tidak pernah membutuhkan tangkapan layar di laptop?

Hampir semua orang pernah screenshoot atau tangkapan layar. Entah itu android ataupun laptop.  

Mengambil tangkapan layar atau yang sering disebut sebagai 'screenshot' sebenarnya hal yang mudah dilakukan. Hanya saja bagi setiap pengguna laptop baru bisa saja menalami kesulitan akan hal tersebut. 

Fitur ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita sebagai masyarakat digital. Dengan Screenshoot atau menangkap layar pada sebuah perangkat, kita bisa membagikan informasi yang kita dapat kepada orang lain dengan mudah. Tanpa harus menjelaskan panjang lebar. 

Terkadang screenshoot atau tangkap layar pada perangkat laptop ataupun android bisa kita jadikan sebagai sebuah arsip untuk suatu hal yang penting. Screnshoot juga bia menggantikan fitur download pada internet yang terkadang tidak menyediakan tmbol download. Dengan menangkap layar lalu memotong bagiannya dan di pertajam menggunakan aplikasi atau website memepertajam gambar maka hasil gambar bisa menjadi pengganti proses download gambar.

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi sedikit cara untuk melakukan tangkapan layar atau screenshoot di layar laptop, dari tombol pintas atau shortcut hingga menggunakan aplikasi bawaan. 

Jadi, jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengambil tangkapan layar di laptop kamu, jangan khawatir! Artikel ini Jawabannya. 


Cara Screenshot di Laptop Windows

1.Aplikasi Snipping Tool 

Penggunaan Snipping Tool dapat menjadi pilihan yang efektif ketika ingin melakukan tangkapan layar yang spesifik. Berikut caranya :

Buka aplikasi “Snipping Tool” (logo gambar gunting) atau cari dengan klik windows, lalu ketikkan kata kunci “snipping tool”. Jika sudah terbuka maka akan ada gambar gambar kecil diatas layar laptop kamu. Klik “New” atau klik gambar segitiga untuk memilih jenis tangkapan layar yang kamu butuhkan. 

Screenshot dengan snipping tool

   • Free Form Snip : untuk menangkap layar dengan bentuk sesuai keinginan kamu. Kamu bisa memotong tangkapan layar kamu seperti bentuk ikan, bentuk daun, atau mau bentuk bola gol, bisa!

   • Rectangular Snip : untuk menangkap layar pada bagian bagian tertentu yang kamu ingnkan. Kamu bisa scrrenshoot bagian pojok-pojok atau bagian tengah pada layar laptop.

   • Window Snip : untuk menangkap layar hanya pada halaman-halaman yang telah terbuka di layar laptop. Kamu bisa juga hanya menyecreensot tab taksbar saja, atau hanya halaman word yang tampil sebagaian saja. 

   • Full-screen Snip : untuk menangkap layar secara penuh.  

Sebelum kamu simpan kamu bisa coret-coret hasil tangkapan layar kamu dengan cara klik gambar “pensil” untuk menggambah dan “eraser” untuk menghapus. 

Setelah itu klik “Save Snip” untuk menyimpan hasil tangkapan layar kamu. pilih lokasi penyimpanannya, lalu simpan. selesai. 


2. Tombol Windows + PrtSc 

Menggunakan kombinasi tombol Windows dan PrtSc pada laptop Lenovo akan secara otomatis menyimpan tangkapan layar ke dalam subfolder Screenshot di folder, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Tangkapan layar ini akan menangkap gambar layar laptop secara penuh, full screen.

Caranya sangat mudah cukup buka halaman yang akan kamu tangkap layar. Klik tombol Windows + PrtSc secara bersamaan. Selesai.

windows + PrtSc


Biasanya laptop akan berkedip sebentar sebagai tanda telah berhasil menangkap layar (screenshoot), terkadang juga tidak ada tandanya sama sekali. Tiap laptop beda.

Hasil tangkapan layar kamu akan otomatis tersimpan di Folder “Pictures > Screenshots”.


3. Tombol PrtSc

Metode ini hanya menggunakan tombol PrtSc saja untuk mengambil tangkapan layar, dengan hasil yang dapat langsung dipaste ke aplikasi lain seperti Paint untuk penyimpanan dan pengeditan. Cara lengkapnya berikut :

   a. Buka halaman yang akan kamu screenshot. Klik tombol “PrtSc” . 

   b. Tempelkan gambar yang telah kamu screenshot pada aplikasi yang biasa kamu gunakan untuk mengedit gambar. Bisa paint, corel, inkscape, atau bahkan ms. Word, atau aplikasi lain. 

   c. Simpan, selesai. 


Cara Screenshoot di Laptop Macbook

1. Cara Screenshoot Layar Penuh 

Untuk mengambil tangkapan layar, tekan  tombol "Shift" + "Command", + "3" bersamaan.

Jika kamu melihat gambar kecil di pojok layar,  klik gambar tersebut jika kamu ingin mengedit tangkapan layar kamu.

Kamu juga dapat menunggu hingga tangkapan layar disimpan ke desktop kamu.

 

 2. Cara screenshot sebagian Layar 

Untuk mengambil screenshot sebagian layar saja, kamu bisa memulai dengan menekan dan menahan "Shift" + "Command" + "4" secara bersamaan. Lalu seret gser kursor untuk memilih area pada layar laptop kamu yang ingin kamu ambil gambarnya. 

Untuk memindahkan area yang dipilih, tekan dan tahan bar spasi sambil menyeret kursor.  

Untuk membatalkan pengambilan tangkapan layar, tekan Esc. Lepaskan tombol mouse atau trackpad untuk mengambil tangkapan layar. 

Jika kamu melihat gambar di sudut layar, klik gambar tersebut untuk mengedit tangkapan layar kamu. Kemudian tunggu hingga tangkapan layar disimpan ke desktop Anda.


Sekarang kamu telah mengetahui berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar di laptop kamu dengan mudah. Dari shortcut/ tombol jalan pintas hingga menggunakan aplikasi bawaan, kamu memiliki banyak opsi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu mempermudah aktivitas kamu di dunia digital.

Posting Komentar

advertisement