advertisement

Rahasia Membuat Deskripsi Artikel Blog yang Optimal

Daftar Isi
Rahasia Membuat Deskripsi Artikel Blog yang Optimal

Jika kamu seirang blogger pemula pastinya kamu butuh kesabaran ekstra untuk nunggu artikel kamu nongol di Google atau bahkan nangkring di page one. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses index google dan memasukkan artikelmu di page one mesin pencari adalah memberikan deskripsi pada setiap postingan. 

Mengapa demikian ? berikut jawabannya. 

Deskripsi artikel blog adalah salah satu elemen penting dalam menarik perhatian pembaca dan meningkatkan SEO. 

Dengan deskripsi yang menarik dan informatif, pembaca akan lebih tertarik untuk membaca artikel kamu dan mesin pencari akan lebih mudah mengindeks konten kamu. 

ketika kamu memasukkan deskripsi di artikel blogmu sesuai dengan ketentuna, maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan postinganmu, karena banyak kaya kunci yang dimuat di artikel.

Namun, seringkali banyak blogger yang mengabaikan pentingnya deskripsi artikel blog. Terkadang bagi blogger yang malas meperhatikan hal-hal kecil seperti ini sehingga pembuatan deskripsi artikelnya tidak sesuai isi di artikelnya, atau bahkan tidak memuat kata kunci sama sekali. Rugi dong!, kata bang komeng. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita gass.. membahas cara membuat deskripsi artikel blog yang optimal.

Rahasia Membuat Deskripsi Artikel Blog yang Optimal


1. Menyajikan Informasi yang Jelas dan Menarik

Deskripsi artikel blog harus mampu memberikan gambaran yang jelas tentang isi artikel kamu. Gunakan kalimat yang singkat namun padat untuk menjelaskan inti dari artikel kamu. Pastikan deskripsi tersebut juga menarik dan membuat pembaca penasaran untuk membaca lebih lanjut.

Pokoknya harus jelas, jangan bertele-tele, dan juga buat semenarik mungkin jika dilihat para pembaca.

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci adalah kunci utama dalam meningkatkan SEO artikel blog kamu. Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan topik artikel kamu dalam deskripsi. Hal ini akan membantu mesin pencari untuk lebih mudah mengenali konten kamu dan meningkatkan peringkat SEO artikel tersebut.

3. Hindari Penggunaan Kalimat Klise

Hindari penggunaan kalimat klise seperti "baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut" atau "artikel ini sangat penting untuk kamu baca". Sebaliknya, cobalah untuk menggunakan kalimat yang lebih unik dan menarik untuk menjelaskan isi artikel kamu.

Kenapa seperti itu ? tentu saja berhubungan dengan point nomor 2, karena dengan menggunakan klise deskripsi kamu bisa terpotong dan kata kunci yang kamu masukkan bisa berkurang.

4. Gunakan Bahasa yang Ringan

Deskripsi artikel blog juga harus ditulis dengan bahasa yang bersahabat. Gunakan kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau terlalu teknis. Tujuan dari deskripsi adalah untuk menarik perhatian pembaca, bukan membuat mereka bingung.

5. Buat Deskripsi yang Relevan dengan Isi Artikel

Pastikan deskripsi artikel blog kamu relevan dengan isi artikel yang sebenarnya. Jangan membuat deskripsi yang menyesatkan pembaca dengan menjanjikan sesuatu yang tidak ada dalam artikel kamu. Hal ini akan membuat pembaca kecewa dan meninggalkan situs kamu.

6. Gunakan Data dan Fakta yang Menarik

Jika memungkinkan, tambahkan data dan fakta menarik dalam deskripsi artikel blog kamu. Hal ini akan membuat deskripsi kamu terlihat lebih kredibel dan menarik perhatian pembaca yang suka dengan informasi yang berbasis data.

Jika Blog kamu adalah blog berita, maka memasukkan data dan fakta akan menjadikan blog kamu lebih  terpercaya. 

7. Perhatikan Panjang Deskripsi

Meskipun deskripsi artikel blog sebaiknya singkat, namun pastikan deskripsi tersebut cukup panjang untuk memberikan gambaran yang jelas tentang isi artikel postingan. Hindari deskripsi yang terlalu pendek dan tidak informatif.

Dan di blogger sendiri biasanya menetapkan batas maksimal deskrisi artikel yaitu 150 karakter.

8. Uji Coba dan Evaluasi

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan uji coba dan evaluasi terhadap deskripsi artikel blog Anda. Perhatikan respon pembaca dan peringkat SEO artikel Anda setelah mengubah deskripsi. Dengan melakukan uji coba dan evaluasi secara teratur, Anda dapat menemukan formula deskripsi yang paling optimal untuk artikel blog Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat deskripsi artikel blog yang optimal dan meningkatkan kualitas konten blog Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai gaya penulisan dan strategi deskripsi untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan topik blog Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas deskripsi artikel blog Anda!

Posting Komentar

advertisement