7 Aplikasi Baca Buku Online Gratis untuk Android: Temukan Rekomendasi Terbaru!

Daftar Isi
7 Aplikasi Baca Buku Online Gratis untuk Android: Temukan Rekomendasi Terbaru!


Pernah mendengar Quotes “Sebaik-baik teman duduk sepanjang waktu adalah buku” ?.

Dan benar saja. Selain menjadi teman terbaik, Membaca buku dapat mengembangkan pemirkian dan pengetahuan. Namun, saat ini kita sepertinya jarang meneukan waktu luang untuk sekedar membuka buku di rumah. Kita juga kerap bertemu waktu senggang ketika kita sedang tidak membawa buku.

Kamu dapat memanfaatkan satu alat yang hampir semua orang mebawanya kemana-mana. Yaitu Smartphone. Didalamnya terdapat aplikasi yang menyediakan fitur untuk membaca buku dengan sangat praktis. dengan membaca buku melalui aplikasi kamu bisa membaca buku dimanapun dan kapanpun. Tanpa perlu membawa buku-buku tebal kemana-mana. Cukup taruh saku dan ambil sewaktu-waktu.

Kebiasaan membaca buku telah mengalami transformasi yang signifikan. Buku fisik tidak lagi menjadi satu-satunya opsi, karena aplikasi baca buku online telah muncul sebagai alternatif yang menarik dan mudah diakses. ya, kamu hanya perlu mengantongi smartphone yang telah diinstal aplikasi baca buku online yang mudah dibawa kemana-mana. Tidak hanya mudah dibawa dan memudahkan akses ke berbagai jenis bacaan, tetapi juga mendukung pertumbuhan literasi di berbagai kalangan, baik anak muda hingga orang dewasa. 

Nah, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi-aplikasi Baca Buku Online Gratis untuk kamu yang ingin baca buku dengan praktis.

7 Aplikasi Baca Buku Online Gratis Terbaik untuk Android: Temukan Rekomendasi Terbaru!

1.      Ipusnas

Tampilan Ipusnas


Ipusnas adalah aplikasi besutan pemerintah Indonesia. Buku-buku disini disediakan secara gratis. Dalam webiste resmi perpusnas.go.id mereka mengklaim bahwa ipusnas memiliki koleksi 73.302 judul buku dan salinan koleksi sebanyak 871.397 salinan ebook. Kamu dapat meminjam buku yang ada di Ipusnas. Caranya kamu  bisa Klik “Pinjam buku” lalu tunggu proses download hingga selesai, jika tidak ada antrian peminjaman kamu bisa langsung baca.

Aplikasi ini bisa digunakan di PC maupun di Smartphone. Kamu bisa dapatkan secara gratis di play store maupun app store.

2.      Google PlayBooks

tampilan Google Playbooks


Google play Blooks menyediakan buku-buku digital yang praktis. kamu bisa mendapatkan buku-buku lokal maupun buku dengan bahasa asing.

Kamu bisa membeli buku-buku digital dan dapat melihat contoh gratis sebelum membeli buku secara penuh. Selain itu disini kamu juga bisa menemukan buku-buku gratis cukup banyak. Genre yang disediakan juga beragam. mulai dari biografi, pendidikan, novel, komik, teknologi, sejarah, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store maupun app store. Google Play Books juga tersedia di PC.            

3.      Gramedia Digital

Tampilan Gramedia Digital


Aplikasi garapan Gramedia ini selain menyediakan buku-buku premium, Gramedia Digital juga menyediakan buku-buku dan majalah yang dapat dibaca secara gratis.

Selain buku-buku terbitan Gramedia sendiri, di sini kamu juga akan banyak menemukan buku-buku terbitan kemendikbud yang sangat cocok untuk anak. Buku cerita, buku kurikulum, buku sejarah, budaya, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store maupun app store.

 

4.      PocketBook

tampilan Pocket book


Aplikasi ini merupakan besutan Adobe. Buku-buku yang disediakan disini belum banyak, namun aplikasi ini menautkan buku-buku yang ada di google play store. Jadi, kamu bisa membaca buku-buku yang ada di Google Play Books di aplikasi ini.

Kamu juga bisa menambahkan file buku yang ada di perangkatmu dan mendukung beragam format yang paling populer seperti PDF, EPUB, FB2, MOBI, DJVU, DOCX, RTF, TXT, HTML, format komik, CBR dan CBZ. Di aplikasi ini juga menyediakan fitur TTS (Text-to-speech). Jadi, kamu bisa mendengarkan buku dibacakan oleh fitur ini.  

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store maupun app store.

 

5.      eBoox: ePub PDFe-book Reader

Tampilan eBoox: ePub PDFe-book Reader


Aplikasi eBook merupakan aplikasi pembaca buku tanpa iklan. Jika kamu ingin membaca buku hasil downloadan dari internet dengan format yang berbeda. Maka coba aplikasi ini. Aplikasi ini dapat membuka file buku dengan format fb2, epub, pdf, doc, docx, mobi, prc, txt, rtf, odt, html, cbr, cbz, zip, dan rar.

Kamu juga dapat menambahkan bookmarks pada bagian-bagian yang ingin kamu tandai. Kamu juga bisa memilih buku-buku faforit saja yang dimuat pada halaman depan pada aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store.

6.      ReadEra

Tampilan ReadEra


Aplikasi ReadEra juga adalah aplikasi baca buku tanpa iklan. Ketika baru masuk ke tampilan awal aplikasi ini, kamu akan dihadapkan dengan file-file yang kamu miliki di penyimpananmu. Kamu bisa membuka buku-buku berformat PDF, EPUB, DOC, DOCX, RTF, MOBI, AZW3, DJVU, FB2, TXT, ODT, dan CHM.

Di ReadEra kamu bisa menyimpan kutipan/ Quotes, memberikan bookmark, maupun catatan. Di aplikasi ini juga menyediakan fitur TTS (Text-to-speech). Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store.

7.      Lithium

Tampilan Lithium


Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store. Hampir sama dengan aplikasi baca buku lainnya. Hanya saja aplikasi lithium khusus hanya untuk membuka buku berformat epub saja. Walaupun begitu, tampilan yang disediakan sangat cocok bagi pembaca buku-buku tebal. Karena di Lithium disediakan pengaturan warna background, jenis font, ukuran font, margin, line spacing, dan pengaturan scrool halaman. Kamu juga bisa menandai teks, memberi catatan pada point-point bacaan.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store.


Banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi baca buku online. Hal yang paling terasa adalah Akses yang menjadi lebih Mudah dan Luas. Dengan menggunakan aplikasi baca buku online gratis, pengguna dapat dengan mudah mengakses ribuan buku dari berbagai genre dan topik, tanpa harus pergi ke toko buku fisik atau perpustakaan. Hal ini memungkinkan orang untuk membaca kapan saja dan di mana saja, hanya dengan perangkat yang terhubung ke internet. Lebih efisien kan ?

Yang kedua tentu saja adalah soal pengeluaran yang akan menjadi lebih hemat. Salah satu keunggulan utama dari aplikasi baca buku online gratis adalah bahwa mereka mengurangi hambatan finansial yang sering terkait dengan membeli buku fisik. Ini memungkinkan akses lebih luas ke bahan bacaan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Karena banyaknya manfaat yang ditawarkan, tidak mengherankan bahwa aplikasi baca buku online gratis semakin populer di kalangan pembaca dari berbagai lapisan masyarakat.  terutama bagi anak muda. Namun, meskipun demikian, penting untuk tetap memastikan bahwa sumber daya yang digunakan adalah legal dan mematuhi hak cipta. Mengecek lisensi yang dikenanakan pada buku online tersebut. apakah telah mendapatkan izin penerbitan online atau belum. Dengan memanfaatkan teknologi dengan bijak, kita dapat terus memperluas akses terhadap literasi dan pengetahuan di seluruh dunia.

Salam Literasi!

Posting Komentar