Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android

Daftar Isi


The Power Of OTG, seperti itu saya menyebutnya. Alat yang berukuran kecil tetapi memiliki beragam macam manfaat. 

Hal ini mengingatkan saya bahwa “Jangan pernah meremehkan suatu hal, walau sekecil apapun”.

OTG atau singkatan dari On The Go, merupakan alat untuk menyambungkan micro USB ke USB. Slot untuk Micro USB ada di salah satu bagian Android yang digunakan untuk mencarger daya baterai.

USB On-The-Go (USB OTG) adalah standar komunikasi yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti smartphone atau tablet, untuk berfungsi sebagai host USB, sehingga dapat terhubung dan berinteraksi dengan perangkat USB lainnya. Dalam konteks ini, "host" mengacu pada perangkat yang mengontrol koneksi dan menentukan arus data. 

Slot kecil itu yang tadinya hanya diperuntukkan ngecas Hp saja, kini Alhamdulillah bisa dipakai untuk beragam kegunaan dengan bantuan alat OTG. Dengan menyambungan kabel USB ke slot USB yang ada pada OTG, maka hampir semua alat yang terpasang kabel USB akan bisa disambungkan ke android melalui OTG ini. 

Tetapi tidak memungkiri jika android yang versi lama akan didapati tidak suport dengan alat OTG ini. 

Beberapa diantaranya yang dapat kita lakukan dengan OTG ini adalah sebagai berikut : 


Macam-macam Kegunaan OTG di Android, Benda Kecil Multifungsi

1. Mencetak Dokumen 

Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android

Hal yang bisa kamu lakukan dengan USB OTG adalah ngeprint lewat android. 

Untuk ngeprint lewat android ini membutuhkan bantuan aplikasi Printer. Terserah mau pilih aplikasi yang mana. Di playstore akan ada banyak jenis aplikasi. Ada yang sesuai jenis nama printernya ada juga yang beda2.

Tetapi saya lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Noko Printer. Kamu bisa download aplikasinya di bawah ini


di aplikasi ini penggunaannya (menurut saya) cukup mudah. Karena bisa digunakan di semua jenis printer. Dan nama printermu yang sudah kamu colokkan ke OTG akan terdeteksi otomatis di Android. 

2. Menghubungkan Flashdisk

Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android

Penyimpanan internal yang sudah penuh dengan kenangan, tentu akan sayang jika kita hapus tanpa sisa. 

Untuk mengatasinya maka pindahkan saja foto2mu ke flashdisk. Untuk mempermudahnya cukup sambungkan OTG ke Hpmu saja tanpa harus repot-repot buka laptop. 

Dengan menggunakan flashdisk yang kamu punya, banyak pekerjaan yang akan terbantu dengan alat ini. Memindah file tugas yang menumpuk dan berukuran besar dari laptop ke android akan cukup mudah. 

3. Keyboard Eksternal

Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android

Nah, cara yang satu ini bagi saya sangat bermanfaat. Karena dapat menggantikan pekerjaan laptop ketika tengah di cas. Karena untuk membuat makalah kalau ngetik pakai jempol saja saya rasa masih kurang.  

Di beberapa aplikasipun terutama pada aplikasi Office, Shortcut bisa digunakan. Contoh Ctrl+B untuk blod, Ctrl+I untuk italic, tombol Escape dll. Hal ini akan mempercepat pekerjaan kita. 

4. Android Jadi Powerbank


Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android

Cara yang satu ini memang sepertinya agak ekstrim. Tetapi cara ini sangat bermanfaat ketika kita kepepet kehabisan baterai. Atau bahkan bisa shodaqoh kepada teman kita yang sedang membutuhkan daya baterainya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara menyambungkan OTG ke kabel chargermu.  

Hp yang dipakaikan OTG dengan USB sebagai pentransfer daya baterai. Dan yang pakai micro USB sebagai penerima transferan daya baterai.

5. Menyabungkan Mouse

Macam-macam Fungsi dan Kegunaan OTG di Android



OTG juga bisa kamu gunakan sebagai alat untuk menyambukan hp androidmu kepada tetikus (Mouse). Ketika kamu telah menghubungkan mouse dengan android maka dilayar androidmu akan terlihat kursor yang bisa kamu geser-geser. 


Hal-hal seperti point diatas akan sangat membantu pekerjaanmu, lebih-lebih ketika ada keperluan mendadak sedangkan laptopmu tidak kamu bawa. Kamu bisa buat komputer portablemu sendiri. Cukup dengan memanfaatkan OTG dan perangkat keras komputer yang ada. Tinggal colokin deh... perangkat yang kamu butuhkan ke androidmu. Selesai...

diatas merupakan beberapa manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan OTG ke android. Kegunaan yang lain akan lebih banyak lagi. diantaranya yaitu : Transfer File antar Perangkat, Memutar musik atau video langsung dari flash drive atau hard drive eksternal,  Menyimpan data cadangan perangkat di flash drive atau hard drive eksternal.Menggunakan USB Hub: Menghubungkan beberapa perangkat USB sekaligus menggunakan USB hub, Menghubungkan Ke Proyektor atau Monitor, Menggunakan Scanner USB, Menggunakan Game Controllerdan masih banyak lagi.

Jika kamu mempunyai pengalaman lain penggunaan USB OTG bisa sharing di kolom komentar. 

Posting Komentar