Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri

Daftar Isi
Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri
 
Sinyal dalam dunia modern ini menjadi suatu kebutuhan yang tak terhindarkan. Dalam era digital seperti sekarang, banyak aktivitas sehari-hari tergantung pada konektivitas yang baik, dan sinyal memegang peran krusial dalam menyediakan akses ke internet, telepon, dan berbagai layanan komunikasi lainnya.

Didaerah tempat tinggal saya, tidak semua kartu Perdana bisa memiliki sinyal yang kuat. Terkaang sering mati-hidup didaerah-daerah tersentu. Ketika cuaca mendung atau hujan, sinyal berangsur hilang hal sama mungkin terjadi pada Hp kamu. Sinyal akan terus down hingga terkadang sama sekali hilang.  

Bagi para mahasiswa jarak jauh atau online, hal ini menjadi satu ujian berat. Ketika ada tugas secara online, atau kelas virtual. Namun apapun itu tetap syukuri saja. Karena sinyal 5G sudah ada dan tunggu saja hingga bisa masuk ke daerah-daerah plosok. Semoga. 

Untuk mengatasi sinya yang tiba-tiba hilang saya biasanya menggunakan beberapa cara berikut :

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri 

1. Mode Pesawat / Mode Terbang

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri
Ketika perjalanan jauh terkadang sinyal akan turun berangsur hingga terkadang hilang sendiri. 

Jangan khawatir. 

Bisa saja hal itu karena perpindahan sinyal dari pemancar yang berbeda di tiap wilayah. maka caranya yaitu aktifkan mode pesawat bebrapa saat lalu matikan kembali. 

Cara ini sering saya lakukan, dan sering berhasil. kamu bisa coba juga. 

2. Mengoptimalkan RAM, dan penyimpanan

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri

Mengoptimalkan RAM dengan cara menghentikan aplikasi-aplikasi yang pernah kita pakai sebelumnya. Membersihkan penyimpanan internal hp dari file-file yang tidak penting. 

Membersihkan RAM dengan menggunakan tool bawaan Hp akan mempercepat loading dan bisa berimbas ke sinyal atau loading inetrnet. 

Saya biasa melakukan ini sewaktu masih menggunakan Hp lama. Dan ternyata cukup efektif. 

3. Mencari Tempat Terbuka

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri

Kalau saya didalam rumah, ruangan satu dengan ruangan lain akan memiliki kekuatan sinyal yang berbeda. Dan saya lebih memilih berada di dekat pintu dan jendela. Dan juga terhindar dari bagungan-bangunan tinggi. Hal ini berpengaruh pada kekuatan sinyal. 

Berpindah keluar rumah akan mempermudah koneksi sinyal yang ditangkap oleh HP kamu. Jadi, hal ini akan mengembalikan sinyal yang ada di Hp kamu.

4. Ubah Jaringan 

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri


Jika HP kamu mendadak hilang sinyal kamu bisa coba mengatasinya dengan mengubah jaringan yang tadinya 4G ke 3G. atau sebaliknya. Hal ini sering saya lakukan untuk mengatasi sinyal yang terkadang hilang. Setelah mengubah jaringan tunggu sebentar hingga jaringan baru terdeteksi.  

5. Restart Hp 

Cara Mengatasi Sinyal yang Mendadak Hilang Sendiri

Merestart artinya menonaktifkan HP lalu dinyalakan lagi. Cara cukup efektif jika Hp kamu sering dipakai untuk kebut-kebutan mengakomodir pekerjaan berat. Hp juga akan cepat panas. Maka Restart merupakan hal yang wajib. Merestart akan menyegarkan Hp kita kembali dari pekerjaan berat sebelumnya.  

Untuk kamu yang memiliki masalah susah sinyal silahkan dicoba cara-cara diatas. 

Semoga bermanfaat

Nb : Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman yang saya alami.  Jadi silahkan dicoba, jika belum berhasil kamu bisa cari tutorial lain. atau jika kamu mempunyai cara lain yang tidak kami cantumkan, boleh sharing di kolom komentar. 

Posting Komentar