advertisement

Trik Ampuh Domain .my.id Cepat Terindex di Mesin Pencari: Cara Mengatasi Sulit Terindex

Daftar Isi

 

Cara Agar Domain my.id Bisa dan Cepat di Index Mesin Pencari


November 2023 lalu, saya memutuskan untuk berpindah dari domain gratisan .blogspot.com ke domain tld. Sebenarnya saya ingin membeli domain yang biasa dipakai banyak orang. .com, .net, .id, atau .co. 

Namun ketika saya mempertimbangkan harga dari keempat-empatnya. Beberapa penyedia domain memang menyediakan domain dengan harga murah di awal, namun perpanjangannya lebih mahal 50% dari harga beli untk saya. 

Saya berencana memang hanya berfokus untuk nulis dan tidak mempermasalahkan hosting yang dipakai. Yang saya butuhkan cukup domain yang memiliki harga terjangkau. Ditambah hosting gratisan ini yang diberi Cuma-cuma oleh google. 

Kebetulan, saya menemukan domain yang saya rasa cocok untuk blog saya. Saya menemukan website yang memakai domain .my.id. yang telah dipakai sejak 2015 dan telah semua artikelnya telah diindex google. Website tersebut merupakan Zakiy.my.id website milik seorang dosen dari Padang yang mengajar di Perguruan tinggi Jakarta selatan. 

Saya terinspirasi dari beliau. Karena menurutnya dengan menggunakan domain .my.id atau .id merupakan suatu bentuk kebanggan kita sebagai warga indonesia. Karena memakaikan label Indonesia di website kita.   

Apa Itu Dommain .my.id

Sebenarnya apa itu domain .my.id ?

Domain my.id merupakan domain turunan dari .id. Domain ".my.id" merupakan jenis domain Internet yang berkaitan dengan Indonesia. Domain ".id" sendiri merupakan domain nasional Indonesia, dan penambahan "my" di depannya dalam ".my.id" dapat memberikan kesan personal atau milik individu.

Domain MY.ID adalah jenis domain .ID yang resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). 

Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai Registri Tingkat Tinggi Nama Domain Indonesia (.id) atau Country Code Top Level Domain (ccTLD) didirikan pada tahun 2006. PANDI ditugaskan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia dengan Keputusan No. 806 tahun 2014. 

SeDomain ini biasanya dipakai untuk blog pribadi, walau tidak menutup kemungkinan dipakai untuk blog yang dikelola banyak orang. Karena my merujuk pada kata “myself” yang artinya saya sendiri. Sedangkan “id” merujuk pada nergara Indonesia. 

Walau begitu domain my.id tidak hanya terbatas di Indonesia saja. Namun dipasarkan ke luar negara. 

Ada Apa dengan Domain my.id? 

Banyak yang menilai domain my.id ini memiliki risiko tidak diindex di mesin pencari. Banyak blogger memberikan pendapat bahwa domain my.id dipandang mendapat penilaian buruk dari google. Sehingga tidak bisa diindex dimesin pencarian mereka. 

Apakah benar demikian ?

Mungkin saja benar. Karena domain my.id adalah domain yang paling murah yang saya temui. Domain my.id bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar US$1 atau sekitar Rp 15.000an saja. Saking murahnya domain ini banyak blogger memanfaatkan hanya untuk percobaan dan spam. Mungkin karena hal itu akhirnya domain my.id mendapat predikat buruk.  

Namun, jangan kecil hati dulu. 

Apa Solusi Domain my.id?

Seperti yang telah saya ceritakan diatas. Zakiy.my.id juga adalah website yang memakai domain my.id. dan nyatanya semua artikel di website ini terindex. Salah satu penyebabnya mungkin karena website yang dikelolanya ini sudah berumur panjang. 

Maka pertama, solusi agar websitemu diindex google adalah sabar dan terus ngonten.

Yang kedua, walau domain ini sangat murah tetap gunakanlah dengan bijak. Jangan digunakan untuk nyepam.

Yang terakhir, ini yang cukup mujarab saya kira. Yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat website yang menggunakan domain my.id agar cepat terindex di mesin pencari.

simak sampai bawah!

Cara Agar Domain my.id Bisa dan Cepat di Index Mesin Pencari

1. Daftarkan ke Google Console

Cara yang pertama tentu saja kamu harus daftarkan ke google console. Jika belum kamu daftarkan silahkan daftarkan dulu ke sini. 

Cara Mengatasi Domain .my.id Sulit Terindex di Mesin Pencari


 Atau bisa melalui “blogger.com” – “setelan” – (scrool ke bawah) – pada menu “Crawler dan pengindeksan” pilih “Google Search Console”. 

2. Inspeksi URL di GSC

1.1 Silhakan salin link salah satu artikel yang ada di website kamu. 

1.2 Masuk ke halaman awal Google Search Console klik “Inspeksi URL” – Tempelkan link salah satu artikel tadi di kolom tersebut, lalu

1.3 Tambahkan kode berikut   ?m=1   dibelakang link tanpa spasi. Lalu Enter

Cara Agar Domain my.id Bisa dan Cepat di Index Mesin Pencari


1.4 Klik “Minta Pengindeksan” – tunggu beberapa saat

NB : Jika ada pesan eror, silahkan ulangi lagi klik “minta Pengindeksan”

Cara Agar Domain my.id Bisa dan Cepat di Index Mesin Pencari

1.5 jika sudah tercentang, silahkan klik lagi “Uji URL Aktif” tunggu beberapa saat. 

Silahkan ulangi pada semua artikel yang ada di website kamu. 

Sekarang silahkan tunggu kurang lebih satu hari. Maka satu persatu artikel kamu akan diindex google. 

Sebagai tambahan kami cantumkan beberapa tips untuk website kamu agar lebih optimal dan dapat diindex lebih cepat oleh google :

Tips Agar Blog Lebih Optimal

1. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Pilih kata kunci yang relevan dengan konten artikel Anda. Gunakan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Kamu bisa melakukan riset melalui Google Trend.

2. Buat Judul yang Menarik 

Buat judul yang menarik dan mencerminkan isi artikel. Pastikan juga kata kunci utama ada dalam judul. 

3. Optimalkan URL

Buat URL yang bersih dan mengandung kata kunci utama. Hindari penggunaan karakter khusus (misanya ?/,{ dan sebagainya) yang tidak perlu. 

4. Optimalkan Struktur Artikel

Gunakan struktur yang jelas dengan penggunaan heading (H1, H2, H3) yang benar. Sertakan paragraf pendek untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari.

5. Tambahkan Tag Meta Deskripsi

Gunakan tag meta description yang memikat dan mengandung kata kunci. Ini membantu mesin pencari memahami konten dan menampilkan hasil yang lebih baik di hasil pencarian.

6. Gunakan Gambar dengan Bijak

Berikan atribut alt pada gambar dengan deskripsi yang relevan. Kompres gambar agar tidak memperlambat waktu muat halaman.

7. Update Berkala

Perbarui artikel secara berkala dengan informasi baru dan relevan. Mesin pencari lebih suka konten yang terus-menerus diperbarui.

8. Promosikan Melalui Media Sosial

Bagikan artikel Anda di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas. Tautkan kembali ke artikel blog Anda dari platform tersebut.

Selamat mencoba. semoga bermanfaat

Posting Komentar

advertisement