Cara Menonaktifkan Kolom Komentar Blogger dengan Mudah

Daftar Isi
cara menonaktifkan kolom komentar blogger


Komentar pada blogger tidak selalu membawa keberuntungan. Banyak pengguna internet menggunakan kolom komentar untuk hanya sekedar iseng atau hanya titip nama saja. 

Backlink boleh, asal sewajarnya saja, dan sesuai tema yang dibahas pada blog tersebut. 

Tapi tak jarang pengguna blog mengabaikan hal tersebut. dan pada akhirnya kita memilih untuk menonaktifkan kolom komentar pada blogger. Terlebih jika jenis blog kamu cocok jika tanpa menggunakan kolom komentar. 

Tutorial ini memberikan panduan langkah demi langkah, membantu kamu mengelola interaksi pengguna dengan lebih efektif. 

Dengan menonaktifkan kolom komentar, atau mengubah settingannya kamu dapat mengontrol konten yang muncul di situs kamu, meningkatkan fokus pada konten inti, dan mengoptimalkan pengalaman pembaca. 

Jangan biarkan kolom komentar menjadi sumber masalah, ikuti petunjuk sederhana ini untuk memastikan situs Blogger kamu berjalan sesuai keinginan. Tingkatkan kualitas pengelolaan situs dan tingkatkan kenyamanan pengguna dengan mengikuti panduan ini.

berikut cara menonaktifkan kolom komentar blogger 

Cara Menonaktifkan Kolom Komentar Blogger dengan Mudah

1. Buka blogger.com login menggunakan akun gmail yang kamu gunakan untuk membuat blog. 

2. Buka menu “setelan” 

3. Gulir ke bawah terus hingga masuk di bagian sub menu “Komentar

cara menonaktifkan kolom komentar blogger


Silahkan pilih “Lokasi komentar”  ubah "Tersemat" menjadi “Tersembunyi” 

Selesai, sekarang kolom komentar di blog kamu akan di sembunyika. Sewaktu waktu kamu bisa mengembalikkannya dengan mengubah Lokasi Komentar menjadi "Tersemat".

Namun, perlu kamu ketahui, ketika kamu memutuskan untuk menonaktifkan komentar di blog, ada beberapa kerugian yang mungkin kamu hadapi, diantaranya yaitu : 

1. Kehilangan Interaksi dengan Pembaca

Komentar adalah cara pembaca untuk berinteraksi dengan Anda dan sesama pembaca. Dengan menonaktifkan komentar, Anda kehilangan kesempatan untuk mendengar pendapat, pertanyaan, atau tanggapan mereka terhadap konten Anda. Interaksi seperti itu dapat membantu membangun komunitas yang kuat di sekitar blog Anda.

2. Potensi Hilangnya Umpan Balik dan Saran

Komentar blog sering kali memberikan umpan balik berharga dari pembaca. Mereka dapat membantu Anda memperbaiki konten Anda, memberikan saran, atau memberikan perspektif baru yang mungkin Anda lewatkan. Tanpa komentar, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk belajar dan berkembang sebagai penulis dan blogger.

Jika kamu berubah pikiran dan hanya ingin menampilkan komentar yang telah melalui pemilihan sebelum ditayangkan di blog naka kamu hanya perlu mengubah setelannya seperti bawah ini: 

Lokasi Komentar : Tersemat

Siapa yang dapat mengomentari ? : (boleh pilih pengguna dengan akun google, atau pilih Siapa saja)

Moderasi komentar : Selalu

Dengan mengganti pengaturan seperti itu maka setiap komentar yang dikirim pembaca akan melalui moderasi terlebih dahulu sebelum ditatayangkan ke blog kamu. hal ini akan meminimalkan komentar kan tidak kamu inginkan

Posting Komentar